Selasa, 01 November 2011

Vincenzo Peruggia : Si Pencuri Monalisa






Berhasil melakukan pencurian benda seni terbesar sepanjang sejarah, Vincenco Peruggia tidak membutuhkan peralatan berteknologi tinggi, dia hanya membutuhkan kesabaran, waktu dan beberapa polisi yang sedang tidak berada di tempatnya.

Pada tahun 1911, Peruggia bersembunyi sepanjang malam di Museum Louvre di Paris, dan ketika museum ditutup, dia melepas lukisan Mona Lisa dari dinding dan kemudian menyembunyikannya di balik bajunya.

Untuk kabur, dia hanya berjalan melewati pos penjaga yang sedang tanpa penjagaan, kemudian menyembunyikan lukisan itu di apartemennya.

Polisi menginterogasi Peruggia dan percaya terhadap alibinya bahwa dia sedang bekerja di tempat lain ketika lukisan hilang.

Setelah menyimpan lukisannya di dalam peti selama 2 tahun, Peruggia membawa Mona Lisa ke Italia. Ketika dia mencoba untuk menjualnya kepada seorang pemilik galeri bernama Alfredo Geri, dia tertangkap.

Setelah itu Mona Lisa dipamerkan di seluruh Italia, dan dikembalikan ke Museum Louvre pada tahun 1913. Peruggia yang mengatakn mencuri lukisan atas dasar patriotis untuk mengembalikan lukisan tersebut ke Italia, akhirnya dipenjara selama 6 bulan.

Setelah bebas dia bergabung dengan tentara Italia dan ikut berperang dalam Perang Dunia 1. Dia menikah, kemudian kembali ke Perancis dan membuka sebuah toko lukisan. Dia meninggal pada 2 September 1947 di kota Annemasse, Perancis.

Sumber : apakabardunia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar